IPY 2013

IPY 2013
wearing kebaya and jarit, Indonesia Traditional costume

Minggu, 12 Januari 2014

#Garuda40 part 1

Izinkan saya untuk berbagi tentang teman, sahabat, saudara, partner, dan soulmateku selama 51 hari kami berlayar membelah laut dan samudera dari Jepang berkeliling ASEAN..
Mari kita sambut ini diaaaaaaaaaaaa... Garuda empat puluhh!!!!
Posisi 2, senyum Awesome..

Siapakah kami ini?? Sampai berani- beraninya membawa nama Garuda sebagai identitas kami??
Ya, kami inilah Indonesia Participating Youth dalam The Ship for SouthEast Asian Youth Program 2013. Kami terdiri dari 28 orang peserta (Participating Youth) dan 1 orang National Leader, sebagai perwakilan negara.

Kisah dengan mereka ini gila sih.. hahaha.. yah mari kita bayangkan bersama yah.. 28 orang tidak saling kenal, dikumpulkan kemudian dibentuk jadi 1, diberangkatkan keluar negeri mengikuti sebuah program gila selama 51 hari, kemudian dipulangkan ke tanah air, dan akhirnya harus berpisah lagi ke provinsi masing- masing..  

Sampai bingung deh mau mulai dari mana, too complicated. Hmm.. mungkin dari personil dulu kali yah.. So, let say kita adalah 28 orang paling beruntung di Indonesia, datang dengan segala latar belakang yang tentunya baik bahkan ada yang sangat memuaskan dengan tujuan yang sama untuk menjadi duta bangsa Indonesia yang bisa mengharumkan negara. setttdaaahh bahasakuuu.. hihhihi..

Seperti yang sudah kujelaskan di postingan ku sebelum2nya.. Setiap tahunnya, kemenpora akan mulai menentukan slot- slot kuota peserta pertukaran pemuda dari setiap provinsi. Contohnya tahun 2013, untuk SSEAYP dari DKI Jakarta kuotanya 1 orang putri, dsb. Nah, bisa dikatakan kami- kami ini adalah yang terpilih dari seleksi itu, 25 orang dari 25 provinsi dan 3 orang utusan pusat, tapii tentu dengan segala bumbu dan drama di baliknya hahaha.. 

Masih keinget jelas deh waktu bulan April kita mulai terkumpul satu per satu, dulu inget banget di grup WhatsApp itu baru ada Tama, Asa, aku, Iyus.. Lalu akhirnya mulai terkumpul lah kita satu per satu. Mulai membuat grup Facebook, mulai juga ngadain Netconf ala- ala gtuu hahhaa.. Saling berbagi pengetahuan tentang SSEAYP yang kita dapet dari masing- masing alumni, saling tanya- tanya persiapan.. Rempong cyinn.. tapi yang pasti mereka sungguh menyenangkan.. dari awal aku sudah tahu itu..

Sempat lama gtu kita baru ber 25, sambil penasaran menunggu 3 orang dari pusat ini siapaaa yahh kira- kira. Muncullah mereka bertiga, Ulfi, Adi, dan Nova. Ulfi dan Adi awalnya sih aku kira biasa- biasa saja, kalau Nova itu lho juteknya astagaaaaa, eh tnyata siapa yang sangka kita jadi segini unyunya sekarang hahaa.. 

Belum selesai drama pusat, tiba- tiba peserta dari jabar mengundurkan diri dan digantikan dengan Runner-up nya, alamakkk lebih rempong lagi ya cyiiiiinnn, ngulang lagi jelasin dari awal hahaha.. Hingga Juli tensenya lumayan naik sedikittt masuk ke training SII. 

Aku kayaknya rempong banget yah.. iya, saya memang super rempong.. kenapa?? karena keberatan judulll... hahhaa.. wakil DKI bookk, wakil ibukota, apalagi ditambah punya senior macam si kak raga yang ya gustiii lurusnya alamaaakkk.. aku tuh mulai lah disuntikin dengan segala peran- peran tidak tertulis yang mau tidak mau kujalankan karena aku perwakilan DKI yang katanya lebih punya akses untuk berkomunikasi dengan kemenpora dan alumni lainnya. That's why, secara aku merasa beruntung banget bisa ikt program ini I'll do my best deh, lagian perintilan rempong- rempong aku juga suka.. hehhee.. 

Training SII, ini training paling menyebalkan sebenarnya dan aku merasa kayak jadi tumbal mentang- mentang tinggal di Jakarta hahahahaha.. So, training ini sbenarnya adalah training koordinasi gtu. Jadi, setiap minggu CIPY yang tinggal di Jabodetabek itu harus hadir ke GH alias Gedung Hijau, markas SII, kemudian menerima materi dari alumni yang bertujuan untuk menyamakan frekuensi antar CIPY. Tiap minggunya kita harus dateng, menerima segala materi ini, mengumpulkan tugas jika ada dan biasanya ada, gak hanya itu besokannya kita harus jadi moderator netconf untuk menyampaikan materi2 yang kita terima selama training di weekend kt yang begitu indah. alamak banget gakk?? hehehe.. itu berlangsung selama 12 kali pertemuan. Tapi gila sih pengalamannya, rempongg, tapi seru juga sih..

Masih inget banget di training pertama yang dateng itu ada aku, tama, naluri, sama ocha yang lagi main ke jakarta. kita masih kayak kaku- kaku gak jelas gtu hahhaa.. pake baju putih item semua.. oiah lupa ceritaaa ada attire segala lho biar kayak di program gtu hehhee.. 

tapi yang bener- bener gak akan lupa itu sesi waktu ketemu bang melvin di sesi kesenian pertama kali. dan hari itu cuma berdua sama naluri. hahaha.. bang melvin ini tokoh ajaib. aneh, tapi nyata, tapi keren banget. pertanyaan pamungkas dr dia tentang sang merah putih.
Apa makna merah putih buat kamu?

Tertegun kita waktu itu setelah dibabat habis tentang tarian dan nyanyian yang gak seperti tarian dan nyanyian. hmm.. dari kecil taunya yah merah itu berani dan putih itu kesucian dari pahlawan makanya menjadi bendera kita.

Merah itu darah, kalian tahu berapa banyak darah yang telah ditumpahkan supaya bendera itu bisa berkibar? dan putih itu melambangkan kesucian para pahlawan dan keluarganya yang rela mati di medan perang. kalau dulu mau berjuang itu harus pake darah lho, darah, nyawa. Kalau sekarang kalian enak, cukup nyanyi sama nari, tapi kalau dari situ aja kalian belum bisa menghayati yah gak akan dapet tuh maknanya, gak ada artinya tuh darah yang udah tertumpahkan. kalau itu sih buat saya yah.

Cuma berdua, baru ketemu makhluk ajaib ini, serem, nyesel dateng rasanya, mau cepetan selesai, itu rasanya. tapi mungkin karena pertemuan itu juga yah, ada rasa lain yang aku dapetin, pemahaman baru tentang siapa aku dan buat apa aku di sana. Pertemuan yang mungkin menjadi awal dari energi baru untuk berjuang dan semakin bersyukur dengan keberadaanku di sana. Terima kasih Bang Melvin.

Terus kita juga punya sesi waktu itu seru banget, saat itu rame yang dateng ada tambahan Khaleed dan Asa. ihiyyy... secara udah diwanti2 untuk siapin satu kesenian, minimal tarian. Alhasil aku cobalah tularkan apa yang telah kudapatkan dari training provinsi yaituuuu Nandak Betawi hhiihihi.. Kita latihan malem- malem di Thamres, waktu itu jam 8-12.. 4 jam latihan 1 tarian jadi sihh hehhee walaupun lucu-lucuan juga jadinya. Tapi itu sih seru banget lho, pertemuannya singkat tapi berkesan. Pertama kali liat Khaleed astaga gantengnya, hahahhaha.. Asa mana kecil banget buset, tapi hatinya baik banget ihhh.. nyambung gitu..

Sempet ada moment stress juga waktu itu bertiga doank sama Nova dan Ulfi. Ada sesi CA sm Kak tefi, astagaaaa ceritanya simulasi gitu udah mau mati rasanya, bener- bener dicecer sampe gak bisa berkata- kata lagi deh..

belom lagi dengan ujian- ujian yang ada.. 

Mulailah dengan aneka simulasi, ada simulai exhibition sampe simulasi NP. Unyu sih kita waktu itu, begadang sampe jam 5 buat latihan nari dan nyanyi, walaupun kita tahu itu kayak seadanya gtu, secara anak- anak jakarta bukan anak art, tapi kita maksimalkan aja sebisa kita dan sebenernya puas banget sih. yahh walaupun dibilangin kayak burung garuda pamit sih hwhwhw, padahal itu kan anak yg minta izin ke ortunya hwhwhw..

so, bagaimanapun juga kami yang pernah ikut training SII ini mungkin lebih dekat karena kita ketemu lebih awal dan menghabiskan waktu lebih banyak dari yang lain. Aku, naluri, ulfi, tama, adi, nova, asa, khaleed, ocha, GH, foodcourt GH, sevel GH, weekend, attire putih item or batik, NAMETAG, hhahahhaa.. kisah-kisah waktu kita jadi tumbal.. tapi gak bisa bohong itu ada serunya sendiri sih, kita jadi lebih awal tahu bentuk- bentuk alumni dan tentunya program.

Selesai dari training SII kita kayak harus fokus untuk masuk ke Pra PDT. sempet stress juga tuh cari tempat, sampai akhirnya dapatlah rumah Pak Sukra yang amazing banget. Rumah kita.

Mungkin aku juga udah lupa detail- detail apa yang ada di sana, tapi yang aku inget itu rasanya. Rasa kebahagiaan yang super belipat ganda deh.. Mereka yang selama ini aku kenal dari dunia maya sekarang ketemu aslinya dan semuanya super seru abis. semuanya lucu- lucu, mulai rempong bagi- bagi attire, kita curhat dan mengukur diri dari yang pacaran tersedikit hingga yang terbanyak.. hahaha
lugu, lucu, lusuh hihhihi...


Izal dari Aceh memegang keperjakaan dalam angka pacaran dan saudari lidya Natalia dari papua barat yang memenangkannyaaaaaa hahahhaha... kocak banget deh itu sumpah. 

5 hari kita berkumpul bersama, siap- siap super deg2an untuk menuju gerbang PDT di SESKOAL yang notabene itu sudah diwanti- wanti bakalan mematikaaannn!!
dan memang benar adanya. dunia ala- ala militer gtu sih.. kita bangun jam 5 lalu tidur nya jam 1 pagi lagi.. kayak begitu setiap hari, presssure dari alumni lebih berat dari TPSU hahaha, dan tentunya drama pembentukan kontingen itu sendiri.

tiap pagi bangun, olahraga, baris mana gak rapi2 lagi hahahahhahaa...

Sadar banget sih, dan gila kalau diinget2. Kita cuma punya waktu 2 minggu sebelum program untuuk menyatukan 28 kepala orang pintar di Indonesia. Harus kita lepas segala background dan ego kita untuk menjadi satu kontingen, karena apa? nanti di program yang ada yah hanya mereka.
tepar pas sesi, sampai ada waktu tidur dulu 10 menit..

with Zakky, JPY 2012


Salah satu kejadian paling bombastis yang terjadi itu pas name plate Asa ilang. waktu itu kita baru balik dari kantor kedubes Jepang di Jakarta. Name plate yang baru kita pegang sehari itu tetiba hilang ketika kita selesai ganti baju. jeng jeng jeng.. asa dinyatakan akan dipulangkan, dan kita kontingen dianggap tidak peduli sama asa. masih egois, gada yang back up asa. waktu itu cuma adi yang muncul untuk back up asa, kita belum sepeka itu mungkin, belum peduli. walaupun hati kecilku sudah meronta- ronta bener-bener mau bantuin asa, tapi ya gtu posisi kita membuat semuanya serba salah.. huaaaaaaaaa...

tapi akhirnya indah sih, walaupun belum solid benar, setidaknya semua bisa berpikir tentang kesolidan kontingen itu sendiri..

drama di PDT lainnya sebenernya juga pas ak kena panic attack untuk pertama kalinya sih.. hahahahha gara2 bener2 super gak mau jadi protokol. aku sedih sampai hati mau copot rasanya, nangis gak karuan, entah kepada siapa harus berteriak minta bantuan..

PDT 14 hari itu jujur punya makna sendri di hatiku dan tentunya hati teman- teman, kayak gimana yah.. itu nyebelin, nyiksa, tapi kita bertumbuh dan ditempa sama- sama. Dari yang tadinya tidak begitu kenal menjadi lebih kenal, dari yang tidak peduli jadi lebih peduli... suatu rasa yang memang berkesan. aneh.. ketidaknyamanan yang nagih gtu..

in the end.. PDT harus berakhir dan kita berangkat ke medan perang sesungguhnya..
malam terakhir, 26 oktober 2013




Tidak ada komentar:

Posting Komentar