IPY 2013

IPY 2013
wearing kebaya and jarit, Indonesia Traditional costume

Sabtu, 25 Januari 2014

Drama dr padaku bagi kontingenku..

Okay, another story of my life on board yang gak akan aku lupakan and I'm pretty sure #Garuda40 juga gak akan lupakan..

Well, di kontingen saya menjabat sebagai protokoll woohooo.. dan tugas gue adalah menjaga kedisplinan kontingen dan segala hal yang berurusan dengan baris berbaris.. hahaha.. kenapa saya?? huaaa... ada drama di balik ini smua dan akan kushare di bawah nanti. Intinya tugas ku itu gak jauh2 dr mastiin smua tmn2 masih on track dan kumpul di saat kontingen meeting, telponin anak2 stiap pagi kalo blm pd ngumpul, mastiin smuanya rapih tanpa cacat.

tapiii... yg namanya kita baru lepas dari alumni dan segala peraturan PDT, baru nyium bau jepang dan kebebasan, baru merasakan program dan ketemu ratusan temen baru, pasti norakkk bangettt kan nohhh... Smua tak sabar ingin saling mingle dan mencari teman2 baru.. hahaha.. smua jadi liar, smua jadi keliatan aslinya.. dan saya harus tetap pada peran saya. kentut rasanya.

tapi aku coba utk fleksibel saat itu, coba memposisikan diri utk memenuhi kepentingan smua pihak, apa yang terjadi gak bisa. satu per satu mulai saling benci, mulai mengutuk kontingen Indonesia yg penuh sgala aturan dan meeting, mulai bilang nyesel jadi bagian dr IPY, langsung manyun kalo udh urusan kontingen, datang terlambat sudah biasa, kalau bisa tidak datang lebih baik lagi.. aaaaaaaaaaaa smua seperti anak ayam mencari induk baruu, kabur2an..

kondisinya sudah dimulai dr New Otani, waktu iu karena pas yel2 pertama kita kacau kita mengadakan meeting darurat, di NYC tambah lagi, masuk kapal tidak membuat menjadi lebih baik. lebih kacau iyah.

yaa, saya akui.. memang di bbrp hal kita lebay banget. contohnya harus kontingen meeting tiap pagi dan emg ujung2nya kelamaan diskusi gak penting. hmmm... ini akan jadi bahan evaluasi banget sih, gw jg sering dimarahin sm yg punya kamar krn ditelpon tapi gmn mrk harus dtg. Arrgghh! selain itu memang setiap malem kt kumpul utk latihan NP, stiap half free day juga latihan yg konsekuensinya kt berkurang waktu mingle dan no party before NP.. tapi utk kasus kedua menurutku memang perlu karena NP is so crucial mannnn...

Aku sering sharing sm bbrp teman ttg hal ini, salah beberapanya waktu itu ada Nova, Audra, Asa, Naluri, Wildan.. intinya kontingen kita bermasalah, walaupun belum tahu ada di mana masalahnya, tapi yg pasti auranya negatif aja saat itu. contoh beberapa masalah yang ada, AA menghilang dan menjauh dri IPY, dy bener2 gak pernah mau bareng sm kita, trus Khaleed yg bener2 krisis kepercayaan sama kontingen dan bbrp PIC sampai akhirnya malah melunturkan wibawa dia sendiri, muncul wacana ketidaksukaan cara Dedy memimpin latihan NP dan aura- aura negatif lainnya..

yang saya tahu kita semua sayang sama Garuda40, tapi caranya berbeda dan dimaknai beda juga sama orang lain. *sigh. sialnya dampaknya jadi negatif saat itu..

aku sempat pakai cara pendekatan personal ke Aa, tapi sayang hasilnya nihil. doski cm blg gpp.. ak tanya ke Eva yg aku yakin benar tahu ada masalah apa, then again dy malah blg itu masalah Aa, dy gak punya hak utk cerita itu. Jujur saat itu aku bingung, kecewa sebenarnya karena maksudku Hey dgn elo gak bagi ke kita ceritanya apa ada masalah apa juga gak nyelesein masalah kontingen, smua udh kayak bom waktu siap meledak.

utk masalah khaleed, kita juga smpt ngmg ke Naluri utk disampaikan ke Khaleed, tapi ya gtu.. slalu ada pembenaran dan smua minta dimengerti, the problem is gada yang mau ngerti.

I'm fuckin tired waktu itu, I just realize I love Garuda40 too much, sampe malah jd boomerang buat diriku sendiri. waktu itu gw juga smpt krisis karena gak dpt sub com apapun.. Egoku juga berteriak saat itu, kalian punya keluarga lain, kalian bisa punya pelarian dr kontingen yg sdg bobrok ini, dan guee?? harus stay or even stuck dgn peran ":menjaga kontingen".. aku selalu mikir kenapa sih pd takut bgt gak dpt temen dan gak bs mingle, program ini memnag disiapkan utk kedua itu, so gak perlu takut, tapi ak rasa ak terlalu idealis saat itu, dan gw sendiri sadar kerjaan gw cm telponin dan ngumpulin org yg pdhl hatinya juga gak lagi disana.

Hmm.. so karena menunggu sudah tak bisa menyelesaikan masalah lagi akhirnya kuberanikan diri utk memberikan ide utk sesi buka2an malam itu. Tadinya mau dipake latihan NP lagi, tapi aku setengah ngotot blg kita butuh waktu utk bicara atau smuanya cm akan jdi sampah busuk yg numpuk. dan aku rasa juga saat itu saat yg tepat, kita baru Set sail dr Vietnam, masih ada waktu sblm kita fokus latihan NP. kalau gak saat itu nanti susah lagi cari waktunya. Untungnya saat itu niat ini disetujui sm teman2 lain dan Wildan yg menjadi moderator di hari itu. Kita yg ambil keputusan hahahhaa...

Malam itu semua kumpul di Mermaid Theater, ada bbrp yg sdh tahu ttg niat sesi curhat ini, ada yg belum. Wildan yg membuka sesinya dgn peraturan mirip sm BPS TPSU or antiok, yaitu sifat dr sesi ini adalah satu arah, no feedback, sebut nama, but no hurt feeling, ini semua buat kebaikan  kita sendiri. kita janji kumpul jam 21.15 malam itu setelah NP.

Aku sama Asa bnr2 semangat, tapi againn.. hahahhaha... jam 21.15 baru 6 orang yang kumpul. duh remuk redam rasanya.. oke tapi tahan tapi tahann.. pelan2 smua terkumpul akhirnya 21.30 sesipun dimulai. awalnya smpt dingin dan kaku juga sih, tapi untung ada di dokter binal, kakak Ocha kesayangan yang mulai hehe.. Dy raised isu ttg Dedy yg mulai berlebihan dan bossy dalam memimpin latihan NP. Isu lain juga diangkat ttg Gladys yg suka uncontrolled. Masuk isu Khaleed. Asa yg protes sm couple dan kepemimpinan ganda krn Khaleed gak prcaya sama kita. Gladys sendiri juga komen dy gak suka sama gw dan Audra yang too much detail hahhahaha... sampe akhirnya aku rasa sudah waktunya utk ngmg.

Oke gw mulai dengan peran gw sebagai protokol yg saat itu bnr2 berat buat gue dengan segala ceritanya.. hehhee.. ternyata gak banyak yg tahu knp gw bs jadi protokol. So ceritanya berawal dr pas kt masih netconf. Saat itu dr SII udh mau liat OCC temporary walaupun belum ada YL dan AYL, so akhirnya kita buatlah. Saat itu gw sm Naluri sm2 kepengen jd PIC SG, tapi naluri ngotot dy yg SG dan gw diplotin utk jadi AYL hahhaa.. tapi yah gw memang gw, anaknya suka gak enak utk menyuarakan keinginannya.. begok.

Malam itu kt netconf dan aku jadi moderator utk penentuan OCC, saat itu gw masih bingung memang mau jadi apa juga, mau exhib tapi gak PD sama kemampuanku yg sbnrnya buruk urusan design dan tata ruang, mau CA tapi begini dan begitu, intinya too much thinking.. tetiba smua sudah keambil tersisanya agama, sport, tour leader, dan protokol. hueee... mau gak mau kupilihlah protokol, bersama Nicky saat itu selain jadi sponsorship juga.

Tapi aku masih punya keyakinan, ahh nti kalo Naluri jadi AYL aku bisa lah gantiin dia. dan benar dy jadi AYL, jeng jeng.. tapi sialnya Ijal yg plg pertama merespon pertanyaan teteh ttg siapa yg mau gantiin dy.. DAMN! tapi aku belum patah semangattt.. hihihihi.. masih ada PDT, pasti gw bakal diganti.. gue lagi jadi protokol mana mungkin.. gada bau2nya jd protokol org geng hura2.

masuklah kt di PDT dan pengumuman OCC paling resmi dan terbaru.. yeyyyy PIC SG digantii.. dr ijal ke Audra -_____________________________- oke... saat itu gw bener2 rasanya mau mati ajah. gw selama program di mana org happy2 gw harus pake topeng, harus selalu stay disiplin, harus siap dibenci, FUCK! that's why di siang itu I got my first panic attack in my life. bener2 sesek, gada yg paham yg aku rasakan.

tapi masih kupikir akan ada angin segar, kan di program bisa jadi sub comm. dan keteknya.. gw gak lolos pemilihan sub comm dr SG ku.. die aja deh. aku bener2 nangis saat itu, cm Nova yg nemenin. hiksss.. I had no one.. tapi saat itu nova ad blg, pasti memang ada rencana kenapa lu sampe segitu gak bisanya, dr awal smpe trakhir.. dan ya.. I just have to stuck with this contingent.. like kenapa harus gw sih??

mulailah ditambah lagi saat itu anak2 mulai negatif, seakan2 beban kontingen itu yah di protokol doank, kalo anak2 blm lngkap pas mau lat NP protokol yg harus cari, pas blm lengkap mau meeting protokol jg yg harus pusink. Kenapa?? emg yg mewakili Indonesia protokol doank?

aku ingat sempat blg saat itu gw harus bertahan sampai saat itu dgn baterai cadanganku, tp ketika gw drop, no one cares. I'm feeling lonely. air mata dan ingus udh beradu saat itu. aku sadar smua mata bnr2 memandang ke gue, Pak Abri juga shock hahahha...

sampai akhirnya kukatakanlah kalimat pamungkas itu
"Jujur yah, kalo sekarang gw nyebur ke laut, gue juga gak tahu harus teriakin nama siapa. I have no one here."

semua org asik sama hidupnya sendiri. kita bukan ber28 lagi.

tapi jujur saat itu semuanya plong dr aku. aku bener2 balik ke titik NOL lagi. langsung optimis dan positif lagi. Gw bener2 sayang sama Garuda40. sumpah.

malam itu gila sih, hahhaa kt lewat night jam 23.00.. kita baru bubar jam 23.30 dan aku nangis gak kekontrol banget, ingus berceceran udh kayak apa.. semua meluk dgn begitu hangatnya di kala mata 10 NL udh memicing ke arah kita kyayyayayaya... gokhil... I will never forget that night.

tapi malam itu juga jadi magic tersendiri sih..
pas ngmg sama bang melvin dy juga banyak ngasih opini dr sisi dy ttg malam itu hahahha...
Drama sekali yahh, pas skrg udh normal jijik juga sih sama bagian nyemplungnya hahahah dan emg itu jdi bahan ketawaan sm anak2 skrg. But I was so relieved. sumpah lega banget....

dan gak lebay kok utk dibilang, malam sesi curhat itu jadi titik kebangkitan Garuda40.

P.S Cheerful Ranger hari ini:
Kadang ada beberapa hal yang emang cuma bisa dirasa pake hati, ketika itu keluar bahkan akal sehat pun gak bisa nerima. Pas gw curhat itu pol dr hati, makanya pas dipikir2 lagi jijik juga hahhaa, tapi saat itu kt semua mendengarkan dari hati. dan yg pasti kalau mau keluarin unek2 jangan stengah2, cari waktu yg pas biar smuanya plong. hehehe... kayak eek kalo stengah2 gak enak kan. 

Sampai akhirnya skarang, aku bisa blg kalau aku nyebur ke laut, I will shout "#Garuda40"


Tidak ada komentar:

Posting Komentar